Pengertian Statistika

Pengertian Statistika

1.      Pengantar
            Lebih dari 100 tahun yang lalu, H.G. Wells, pengarang dan sejarawan inggris, menyarankan bahwa suatu hari penalaran kuantatif akan menjadi begitu penting terhadap kemajuan masyarakat seperti halnya kemampuan membaca. Ia tidak menyebutkan bisnis karena revolusi industri baru saja dimulai. Tn wells tidak lagi benar. ketika “pengalaman bisnis”, beberapa “prediksi bijaksana”, dan “intusi” merupakan ciri utama keberhasilan manajer, permasalahan bisnis saat ini cenderung terlalu kompleks bagi pengambil keputusan pribadi.
2.      Apa yang dimaksud dengan STATISTIK?
Menurut UU RI No. 7 tahun 1960, statistik adalah keterangan berupa angka-angka yang memberikan gambaran yang wajar dari seluruh ciri-ciri kegiatan dan keadaan masyarakat Indonesia.
Statistik merupakan kumpulan dari data – data yang sering dinyatakan atau disajikan dalam bentuk daftar/ tabel, diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran, histogram, polygon frekuensi dan ogive yang mengambarkan suatu persoalan tertentu.
3.      Apa yang dimaksud dengan STATISTIKA?
Statistika bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari / mendasari tentang bagaimana pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan data sampai dengan penarikan kesimpulan yang benar.
Statistika adalah ilmu mengumpulkan, mengelola, menyajikan, menganalisis, dan menafsirkan data guna membantu dalam pengambiloan keputusan yang lebih efektif.
4.      Perbedaan STATISTIK dan STATISTIKA
Dalam hal ini statistik merupakan hasil pengamatan / penelitian, dalam pelaporannya sering diperlukan penjelasan, uraian atau kesimpulan tentang persoalan yang diamati atau diteliti. Dalam menentukan / pengambilan kesimpulan tentunya diperlukan pengumpulan keterangan atau data, mempelajari data, menganalisa dengan berdasarkan cara pengolahan data yang benar baru bisa diambil suatu kesimpulan yang benar dan bisa dilaporkan / dipaparkan dalam bentuk statistik yang sesuai. Proses inilah yang dinamakan dengan statistika. Kesimpulannya statistika bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari / mendasari tentang bagaimana pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan data sampai dengan penarikan kesimpulan yang benar.
5.      Kegunaan Statistika dalam bidang Kesehatan
Statistik kesehatan adalah suatu cabang dari statistik yang berurusan dengan cara-cara pengumpulan, kompilasi, pengolahan dan interpretasi fakta-fakta numerik sehubungan dengan sehat dan sakit, kelahiran, kematian, dan faktor-faktor yang berhubungan dengan itu pada populasi manusia. Apabila kegiatan pencatatan ini ditunjukan khusus pada kejadian-kejadian kehidupan manusia tertentu, yakni: kelahiran, kematian, perkawinan, dan perceraian, disebut statistik vital (vital statistics), atau sering juga disebut statistik kehidupan (bio statistic).
1. Mengukur peristiwa-peristiwa penting atau vital event yang terjadi di masyarakat.
2. Mengukur status kesehatan masyarakat dan mengetahui masalah-masalah kesehatan yang terdapat di dalam berbagai kelompok masyarakat.
3. Membandingkan status kesehatan masyarakat di satu tempat dengan tempat lain atau statuskesehatan masyarakat sekarang dengan status kesehatan lampau.
4. Meramalkan status kesehatan masyarakat di masa-masa mendatang. Evaluasi tentang perjalanan, keberhasilan dan kegagalan dan suatu program kesehatan atau pelayanankesehatan yang sedang dilaksanakan.
5. Keperluan estimasi tentang kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sertamenentukan secara pasti target pencapaian tujuan.
6. Keperluan penelitian pada masalah-masalah kesehatan, keluarga berencana, lingkungan hidup dan lain-lain.
7. Perencanaan dan sistem administrasi kesehatan.

8. Keperluan publikasi ilmiah di media massa.

Komentar

Postingan Populer